3 Manfaat Tidur Untuk Kesehatan Yang Tidak diketahui

0
pinterest.nz

(www.infosumutnews.com).Banyak orang yang mengabaikan tidur demi menyelesaikan tugas yang harus dikumpulkan esok hari, khususnya di kalangan pelajar, mahasiswa, hingga karyawan. Hal ini sudah dianggap biasa bahkan mendapat sebutan SKS atau Sistem Kebut Semalam, karena memang dikerjakan hingga larut malam dan mengurangi waktu tidur dari hari biasanya. Alasan menjalankan sistem kebut ini pun beragam, ada yang memang terpaksa karena kendala tugas lain, dan ada pula yang awalnya memang malas-malasan dan baru mulai dikerjakan sehari sebelum dikumpulkan. Padahal tidur merupakan kegiatan yang penting, tanpa batasan umur dan status pekerjaan, semua orang butuh tidur. Berikut beberapa manfaat tidur bagi kesehatan tubuh.

1.Meningkatkan daya ingat, tidur setelah mempelajari sesuatu ternyata mampu meningkatkan ingatan akan hal yang sudah dipelajari tersebut, sesuai dengan pernyataan dr. Rapoport. Dengan tidur seseorang akan jauh lebih rileks ketika bangun, bahkan mungkin melupakan hal-hal kecil yang tidak penting yang ada dalam memori jangka pendek (short term memory), inilah yang dapat meningkatkan performa ingatan manusia.

Baca juga Artikel lainnya:

begini Pola Makan sehat agar dapat hidup dengan gaya hidup yang sehat

Apa thalasemia ? dan bagaimana jika sudah terkena thalasemia?

2.Memiliki berat badan yang stabil, bagaimana caranya? Orang yang tidur larut malam baik karena aktifitas atau memang gangguan tidur cenderung untuk makan makanan ringan hingga berat. Yang mana jika hal ini sering dilakukan maka lemak dalam tubuh pun akan bertambah, apalagi jika makanan yang dikonsumsi kurang sehat. Hasil penelitian dari Universitas Chicago menyatakan bahwa orang yang tidur dan istiahat cukup mampu mengurangi lemak hingga 56 %.

3.Perlu diingat pula bahwa tidur yang menyehatkan bukan berarti tidur dengan waktu yang sangat lama hingga lebih dari 8 jam. Tidur yang baik adalah tidur yang berkualitas, dan tidak semua orang dapat memilikinya. Semua kembali pada kebiasaan masing-masing. Beberapa orang tetap dapat menjalankan aktifitasnya tanpa gangguan apapun walau hanya memiliki waktu tidur 3 jam, karena tidurnya berkualitas dan tubuhnya benar-benar istirahat. Namun, ada juga yang sudah tidur 6 jam pada malam hari, dilanjutkan 4 jam pada siang hari, tetapi tetap saja terganggu aktifitasnya. (Windy)

 

TINGGALKAN KOMENTAR