Begini Dampak Negatif Jika Remaja Suka Bermain Game Online

0
kredit: psypost.org

InfoSumutNews.com– Walaupun Terkadang tidak menjadi beban orang tua, Namun anda harus tetap mengawasi anak remaja anda jika bermain game online. Karena dampak negatif nya sangat banyak untuk pertumbuhan nya.

Mudahkah saat ini menemukan anak-anak yang sedang bermain petak umpet? Atau bermain lompat tali? Gasing kayu? Layang-layang kertas? Sangat sulit sekali. Dulu, tidak hanya saat jam pelajaran di sekolah, permainan tradisional juga sering dimainkan ketika di rumah bersama teman-teman atau ketika diadakan perlombaan di perayaan tradisional. Mengapa hal itu dapat terjadi? Tidak lain tidak bukan karena trend game online di kalangan anak hingga remaja.

Game online merupakan game atau permainan yang dapat dimainkan dengan menggunakan alat elektronik, seperti komputer, smartphone, PSP, atau tablet. Game hasil pemrograman ini dapat didownload lalu diinstal hanya dengan modal paket data dan sambungan internet. Memang, tidak semua anak diberikan alat canggih ini oleh orang tuanya dan masih bermain sesuai dengan umurnya. Namun, tidak untuk remaja, sulit ditemukan saat ini remaja yang tidak memiliki gadget pribadi.Mereka pun dengan mudah mengakses apa pun yang mereka inginkan karena belum ada aturan resmi batasan umur menggunakan gadget atau batasan umur menggunakan media sosial, yang apabila dilanggar akan mendapatkan sanksi. Dampak dari merebaknya game online ini pun terbagi menjadi 2, dampak negatif dan positif.

Baca: Ternyata Kanker juga berpengaruh besar pada anak-anak

Dampak negatif dari game online ini sudah jelas sekali terlihat.

Pertama, game yang paling diminati adalah game peperangan dan racing, khususnya anak laki-laki. Dalam game tersebut mudah sekali ditemukan adegan kekerasan seperti, pembunuhan, kecelakaan, perkelahian, dan lain-lain yang menuntut sang pemain untuk melakukan cara apapun agar menang. Ketika saya bertanya kepada beberapa remaja yang sudah kecanduan bermain game ini, mereka mengaku sudah biasa melihat hal tersebut dan tidak terganggu sama sekali.

Kedua, fitur obrolan antar pemain game yang disalah gunakan. Kata-kata kasar yang sangat tidak pantas diucapkan pun menjadi hal biasa bagi mereka untuk menjadi umpatan yang keluar ketika kalah dalam permainan atau salah satu anggota tim yang ceroboh.

Ketiga, mereka yang sudah kecanduan bermain game online akan malas bergerak, karena lebih betah berlama-lama menggerakkan jarinya dan berpikir dibandingkan bergerak hingga berkeringat seperti bermain permainan tradisional.

Itulah beberapa dampak negatif dari game online ini. Lalu adakah dampak positifnya? Tentu ada dan akan dibahas pada artikel berikutnya. (Windy)

Baca Juga: Glukosa dan pengaruhnya terhadap daya ingat

5 dampak negatif jika anda suka nonton film porno

TINGGALKAN KOMENTAR