Tips Agar Tubuh Tidak Lemas Selama Puasa

0
pesona.co.id

Infosumutnews.com – Ketika berpuasa sudah tentu tubuh kita akan terasa lemas, sebab kita tidak memasukkan makanan ataupun minuman apapaun selama lebih kurang 13 jam. Namun jangan khawatir anda akan kembali bugar setelah berbuka puasa nanti. Nah lalu bagaimana agar tetap segar dan kuat seharian selama menjalani puasa?

Baca : 7 amalan di 10 malam terakhir ramadhan untuk menggapai lailatul qadar

Di lansir dari hellosehat.com mulailah dari sahur dengan pola makan yang harus diperhatikan salah satunya dengan membatasi konsumsi bahan makanan tertentu, jadi makan sahur yang sehat dan bernutrisi baik. Tidak hanya dengan makanan sehat, gaya hidup juga perlu diubah agar tubuh tetap segar, sehat dan tidak lemas selama puasa sehari penuh. Berikut tips agar tubuh tidak lemas ketika puasa.

  1. Perbanyak Mengkonsumsi Makanan Berserat

Perbanyak konsumsi makanan berserat tinggi ketika sahur. Selain sayur, makanan kaya serat juga terdapat pada gandum utuh, beras merah dan kacang-kacangan. Serat ini mampu mengikat air dan membuat efek perut kenyang lebih lama karena cenderung lambat diproses oleh tubuh, sehingga Anda tak mudah merasa lapar.

  1. Tambah Juga Asupan Protein

Protein juga penting sebagai cadangan energi ketika Anda berpuasa. Protein terdapat dar ikan, ayam, telur atau tahu juga lama dicerna oleh tubuh yang membuat perut terasa kenyang lebih lama. Kekurangan konsumsi protein, bisa membuat tubuh terasa lemas dan lesu sehingga ibadah puasa menjadi tidak maksimal dan menyebabkan anda terasa mengantuk dan ingin tidur terus.

  1. Lemak Sehat

Tidak semua lemak buruk untuk tubuh lho. Dalam jumlah yang cukup, lemak sebenarnya diperlukan oleh tubuh agar organ-organ bisa berfungsi dengan baik. Lemak sehat, atau kata lainnya HDL penting bagi tubuh untuk menyerap nutrisi dari makanan. Lemak juga berperan penting menyediakan cadangan energi. Lemak sehat bisa didapatkan dari ikan, kacang-kacangan, minyak kelapa dan buah berlemak seperti alpukat. Jadi lemak tersebut berguna untuk tubuh anda ketika puasa ya.

Baca juga : ini bahayanya jika sering merokok setelah berbuka puasa

  1. Batasi Konsumsi Garam

Jangan mengkonsumsi garam berlebihan, kurangi konsumsi garam Anda ketika sahur. Banyak makan makanan tinggi garam akan membuat tubuh cepat lapar dan dehidrasi. Saat dehidrasi, Anda akan merasa sangat haus sehingga ibadah puasa seakan berlangsung sangat lama. Jadi anda harus banyak melakukan aktifitas di dalam ruangan ketimbang di luar ruangan apalagi ketika cuaca sedang panas.

  1. Cukup Minum Air Putih

Dokter Gizi Johannes Chandrawinata, SpKG., menyarankan untuk meminum sedikitnya empat gelas air putih ketika sahur agar metabolisme pencernaan berfungsi dengan baik, meskipun pola makan jadi berbeda karena puasa. Dalam sehari, disarankan meminum sekitar dua liter air putih secara bertahap, jangan sekaligus.

Ditambahkan pakar gizi Profesor Dr. Hardinsyah, MS, “Dua gelas diminum sebelum dan setelah makan sahur.” Dan jangan  lupa pula perbanyak minum ketika berbuka puasa karena setelah seharian tubuh anda tidak minum, namun perhatikan ketika anda minum setelah berbuka jangan berlebihan karena anda akan makan berat setelahnya.

  1. Juga jangan Lupakan Olahraga

Puasa, bukan berarti Anda tidak bisa berolahraga. Aktivitas fisik justru penting dilakukan untuk mendukung kebugaran tubuh saat puasa. Olahraga, akan membuat tubuh Anda bugar sepanjang hari. Pilihlah jenis olahraga ringan seperti jalan sehat, lari-lari kecil atau bersepeda keliling kompleks rumah setelah sahur atau seusai taraweh bisa membantu anda sedikit menggerakkan tubuh. (AK)

Baca juga : pakat si pucuk rotan yang di gemari semua kalangan untuk berbuka puasa

TINGGALKAN KOMENTAR