5 Hal Ini Layak Kamu Pertimbangkan Jika Ingin Negoisasi Sponshorship Anda Berhasil

0
tips negoisasi dengan sponsor
Foto: Ilustrasi

InfoSumutNews.com– Butuh sponsor untuk kegiatan kampus, komunitas atau perusahaan? Berikut tips nya yang kami kutip dari Wempy Dyocta Koto.

Berikut ada 5 tips!

1. Berikan Visi dan Action yang Terbaik

Membangun sebuah hubungan bisnis adalah marathon, bukan sprint. Akan ada tahap dari waktu ke waktu. Ingat tujuan jangka pendek Anda sembari tentukan tujuan jangka panjang. Memperlihatkan semangat Anda bahwa mereka memang dibutuhkan dalam acara ini dan berikutnya. Yang terbaik untuk semua pihak adalah hubungan yang saling memanfaatkan di jangka pendek dan panjang.

2. Fokus Kepada Hal Yang Akan Diperoleh Sponsor
Setiap perusahaan pasti ingin menunjukan laba atas investasi mereka. Jelaskan dengan angka, statisik, data dan forecasting dampaknya acara Anda kepada brand, penjualan atau goal bisnis mereka.

3. Tawarkan Ide yang Unik
Ide-ide Anda harus unik dan segar. Anda harus menjadi berbeda dari permintaan sponsor lainnya. Misalnya, acara Anda akan menarik 1,000 pengunjung di Kelapa Gading, tapi akan menarik 50,000 viewees lewat Instastories, IGTV atau kegiatan unik Anda yang pasti menjadi viral.

4. Cari Tahu Kebutuhan Calon Sponsor
Suatu perusahaan mensponsori kegiatan Anda karena sebuah keputusan bisnis, bukan dari hati sanubari. Cari tahu apa yang dibutuhkan perusahaan, misalnya akses ke karyawan dan pelanggan potensial mereka. Kemudian, jelaskan apa keuntungan perusahaan jika mensponsori kegiatan Anda. Misalnya, Anda yakin dengan sponsorship eksklusif First Media, jumlah pelanggan akan meningkat x% di daerah tersebut.

5. Kembangkan Hubungan Jangka Panjang yang Baik dengan Sponsor

Tunjukkan bahwa tim Anda memiliki etos kerja yang baik serta sejalan dengan misi perusahaan. Hubungan jangka panjang yang baik akan memudahkan Anda mendapatkan sponsor untuk kegiatan selanjutnya. Kalau acara Anda pernah dilaksanakan tahun lalu, tunjukkan kredensial team Anda yang dulu, yang sekarang dan hasil baik yang sudah tercapai. Tunjukkan juga bahwa team Anda selalu terbuka untuk saran, kritik dan belajar dari segala kesuksesan, kegagalan, tantangan dan pengalaman.

Baca Juga: Tips agar cv mu dilirik oleh perusahaan yang kamu lamar

ini alasan mengapa start up anda tidak sukses

TINGGALKAN KOMENTAR