Mantap!!! Hasil Panen Pupuk Solid Siswa SMK Ponpes Ja’Fariyah Hutaibus Cukup Baik

0
Asisten III Jakaria Harahap bersama Kadis Pertanian Ir Abdullah Nasution dan Kadis Peikanan dan Peternakan Ir.Abu Bakari sert siswa Ponpes Ja'fariah Hutaibus melaksanakan panen raya padi uji coba pupuk solid

InfoSumutNews, PALAS – Uji plot percobaan pengaruh pembibitan solid kelapa sawit terhadap pertumbuhan tanaman padi sawah tahun 2018 yang dilaksanakan siswa SMK jurusan Agribisnis Tanaman Pangan Holtikultura (ATPH) Pondok Pesantren Ja’Fariyah Desa Hutaibus, Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Padang Lawas bekerjasama dengan PT. Victorindo Alam Lestari (VAL) Hutalombang yang difasilitasi Dinas Pertanian Palas, menuai hasil panen yang cukup baik.

BACA JUGA : Dugaan Pelanggaran Administrasi Terhadap Petahana Tidak Memenuhi Unsur

Pada kesempatan itu, Bupati Palas H. Ali Sutan Harahap (TSO) diwakili Asisten II Jakaria Harahap, Kamis (26/7/2018) mengatakan, dalam rangka kegiatan percepatan, peningkatan, optimalisasi pembangunan pada pertanian, kita dituntut untuk dapat mengoptimalkan seluruh potensi dan sumberdaya yang dimiliki. Hal ini sejalan dengan apa yang menjadi visi, misi Bupati, yakni Padang Lawas Bercahaya.

“Pembangunan di sektor pertanian, yang bertujuan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas hasil pertanian, diharapkan mampu mengangkat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya petani, tidak bisa terlepas dari kerja sama antara Pemkab Palas dan seluruh lapisan masyarakat se Palas,” katanya.

Pembangunan pertanian, katanya, merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan dari skala prioritas nasional. Hal ini mutlak harus dilakukan dalam upaya peningkatan hasil produksi, sekaligus meningkatkan pendapatan maupun penghasilan yang pada akhirnya akan meningkat kesejahteraan kehidupan dan perekonomian daerah.

Acara panen perdana ini, lanjutnya, merupakan bukti nyata dari dukungan pemerintah kepada masyarakat, khususnya para petani dalam upaya peningkatan produksi dan produktivitas, yang juga merupakan nawacita dari pembangunan nasional dalam hal swasembada pangan, sesuai dengan UU Nomor 41 tahun 2009 tentang tanam pangan berkelanjutan.

“Secara khusus Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap sangat bangga kepada yayasan Ja’fariyah Lubuk Soripada, Lubuk Barumun terutama kepada siswa SMK Islam Terpadu Ja’fariyah yang telah memberikan kontribusi nyatanya terhadap pembangunan Pemkab Palas,” ucapnya membaca sambutan Bupati.

Jakaria berpesan, dengan kemauan dan kerja keras serta kemampuan dan ilmu yang memadai dari generasi penerus, maka peningkatan hasil dalam sektor pertanian akan meningkat, sesuai
dengan harapan pemerintah, dan harapan bersama agar semakin maju sehingga petani lebih sejahtera secara nasional untuk ke depannya.

Kadis Pertanian Palas, Abdullah Nasution di lokasi lahan percobaan dinas pertanian mengatakan, plot percobaan juga ditujukan untuk mengetahui takaran atau dosis yang tepat penambahan pupuk urea, bila solid kelapa sawit dijadikan pupuk dasar padi sawah dengan plot plot yang sudah ditentukan ternyata hasilnya cukup baik.

“Dalam 1 hektar lahan persawahan, setelah dilakukan panen raya pada hari ini menunjukan hasil yang cukup memuaskan dengan hasil 6.4 ton per hektar,” terangnya.

Rolan Arifin Staff KDP didampingi Humas PT VAL Anwar Saleh Harahap dan staffnya Paujul Rambe mengatakan, selain penyaluran Corporate Social Responsibility (CSR), perusahaan tersebut sangat respon terhadap kegiatan pelajar yang mampu meningkatkan kemajuan pendidikan dan daerah khususnya pengembangan pertanian.

“Untuk ke depannya, pihak perusahaan akan terus memberikan dukungan terhadap kemajuan sektor pendidikan di Palas dalam menghasilkan tenaga berkualitas dan ptofesional khusus dalam bidang pengembangan ilmu pertanian,” katanya.

Mewakili perusahaan, Humas PT VAL.Hutalombang, memberikan apresiasi terhadap Ponpes Ja’Fariah yang melakukan plot uji pupuk solit kelapa sawit terhadap pertumbuhan padi sawah.

Di tempat yang sama, Pimpinan Pondok Pesantren Ja’Fariyah yang juga Kepala Sekolah SMK Pertanian H Fauzan Hamidy Hasibuan mengatakan, sebanyak 107 siswa Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) Kelas 10 dan 11 turut dilibatkan dalam uji coba pupuk solid ketamanan padi di sawah.

“Ternyata tanaman padi sawah menggunakan solid membuahkan hasil panen yang cukup baik dengan hasl 6.4 ton perhektar yang sebelumnya hanya menghasilkan 3.8 ton perhektar,” sebutnya.

Di kesempatan panen itu, tampak hadir Kadis Perikanan dan Peternakan Abu Bakari, Mahasiswa IPB, Pimpinan OPD, Danramil 08 Barumun dan anggota Koramil, BPS, guru serta siswa Ponpes Ja’Fariah. [Ibnu Nasution]

TINGGALKAN KOMENTAR