Mengapa Semakin Tua Waktu Terasa Cepat Berlalu?

0
Ilustrasi waktu | lassedesignen /Shutterstock

Infosumutnews.com – Kalau merasa waktu berjalan sangat cepat seiring bertambahnya usia, percayalah itu bukan perasaan Anda semata. Sebab ada pakar yang sudah mengungkapkan alasan biologis di baliknya.

Dr Christian ‘Kit’ Yates, seorang dosen biologi matematika di University of Bath, Inggris, mengungkapkan, beberapa teori ilmiah tentang mengapa banyak orang yang mempersepsikan waktu berjalan lebih cepat saat usia semakin tua. Semua itu diungkapkannya dalam sebuah artikel di laman website The Conversation.

BACA JUGA : Ssttt…. Ada Manusia Kerdil Modern di Flores

“Menurut teori, semakin tua Anda, semakin akrab pula dengan lingkungan sekitar. Anda tidak lagi memerhatikan lingkungan di rumah dan tempat kerja secara terperinci,” ungkap Dr Christian, yang berusaha menjelaskan dari segi biologis.

Bagi anak-anak, dunia masih baru dan umumnya belum mereka kenal. Mereka menggunakan lebih banyak kekuatan otak untuk mengonsumsi apa yang ada di sekitar mereka.

“Teori ini menunjukkan bahwa hal ini membuat waktu berjalan lebih lambat untuk anak-anak daripada orang dewasa yang banyak terjebak dalam rutinitas,” tulis Dr Christian.

Hal ini juga didorong oleh teori biologi yang mengungkapkan bahwa semakin seseorang dirangsang oleh lingkungannya atau tidak akrab dengan rutinitas sehari-hari, mereka akan melepaskan hormon dopamin atau hormon bahagia.

Namun, ketika mencapai usia 20, tingkat dopamin mulai turun, dan terus akan menurut seiring dengan bertambahnya usia yang membuat waktu yang dirasakan bergerak lebih cepat. [beritagar.id]

TINGGALKAN KOMENTAR