5 Cara Cerdas Agar Memiliki Hubungan Yang Harmonis Dengan Orang Tua

0
Foto: Dictio.id

InfoSumutNews.com– Selama orang tua kamu masih hidup, mereka patut dihormati, disayangi dan diprioritaskan. Tanpa alasan apapun, tanggung jawab kamu adalah untuk mengutamakan mereka diatas segalanya, termasuk pekerjaan, sekolah, keluarga, teman dan urusan yang lain.

Berikut ada 5 tips agar hubungan dengan orang tua tetap harmonis serta cara menghormatinya Dari wempy Dyocta Koto :

1. Membagi waktu dengan orang tua: 80% mendengarkan dan 20% berbicara.

Hidup kamu akan jauh lebih baik kalau kamu bisa mengatur diri untuk 80% mendengarkan dan 20% berbicara. Rasio ini membuktikan bahwa kamu menghargai nasihat-nasihat mereka dengan mendengarkannya.

2. Mengutamakan Orang Tua

Sebaiknya kita mendahulukan orang tua dalam hal apapun. Contoh kecilnya, membukakan pintu untuk mereka saat masuk rumah atau mobil, dan kalau mau makan, menunggu orang tua terlebih dahulu. Mereka sangat menyayangi dan memperhatikan kamu saat masih kecil, dan sekarang kamu juga harus memperhatikan mereka di usia tuanya.

3. Berbicara dengan Lemah Lembut, Jangan Berdebat
Saat orang tua “menyebalkan”, jangan bereaksi dengan kasar, tapi hadapilah dengan kesabaran. Kata-kata kasar adalah peluru yang bisa menyakiti hati mereka. Sebab hal itu adalah dosa besar di semua agama. Berbicaralah dengan suara yang lemah lembut, bahasa yang santun, atau dengan bercanda. Hindari berbicara kasar, suara yang keras, atau bahasa tubuh yang memperlihatkan bahwa kamu tidak peduli kepada mereka, seperti tatapan mata yang marah.

4. Kunjungi Orang Tua 1 atau 2 kali Seminggu

Luangkan waktu untuk orang tua. Kebanyakan orang tua tidak mengharapkan materi apapun dari anak, tapi berilah mereka waktu. Kalau mereka tinggal di luar kota, sering-seringlah menghubungi mereka atau minimal dua kali seminggu. Dan saat kamu bersama mereka, fokuslah dan jangan utak-atik dan main dengan handphone. Fokus adalah tanda cinta.

5. Berdoa dan Bersyukur

Adalah kewajiban kita sebagai anak untuk terus mendoakan kedua orang tua kita setiap hari, semasa mereka masih hidup atau sudah meninggal dunia. Doa adalah cara termulia untuk menjaga hubungan antara kamu, orang tua dan Sang Pencipta.

Baca Juga Artikel Lainnya:

5 langkah utama menjadi pebisnis sukses

5 tips ampuh meningkatkan brand awareness

5 tips penting jika anda ingin menggeluti bisnis fashion

TINGGALKAN KOMENTAR