Ini 8 Tipe Cinta yang Dimiliki Manusia Berdasarkan Psikologis

0
Unsplash/Pablo Merchán Montes

Infosumutnews.com – Menurut ahli psikologi Robert Sternberg sebagaimana dikutip dari dintimes.com, ada tiga komponen dasar yang melatarbelakangi cinta seseorang. Keintiman (intimmacy) yang merupakan keinginan lebih dekat dan saling percaya, hasrat (passion) yang menjurus pada ketertarikan fisik dan seksual, serta komitmen (commitment) yang menunjukkan keseriusan dan keputusan mencintai jangka panjang. Ketiga komponen tersebut menjelaskan bagaimana manusia bisa menjalin hubungan dengan orang lain.

BACA JUGA : Kwik Kian Gie Akhirnya Jadi Penasihat Ekonomi Prabowo-Sandiaga

Berkiblat dari komponen cinta tersebut, munculah tipe-tipe cinta yang dibagi lagi jadi 8 kategori. Tipe ini menunjukkan sejauh dan sedalam apa cinta itu sendiri. Cintamu dengan pasangan kira-kira sudah sejauh mana? Coba cek di bawah ini!

1. Tidak ada cinta (non love)

Kondisi tanpa cinta menurut Stenberg berarti ketika interaksi dengan orang lain tersebut tidak memiliki ketiga unsur dasar cinta. Contohnya adalah hubungan perkenalan atau interaksi biasa dengan orang lain.

2. Menyukai (Liking)

Liking atau menyukai adalah keadaan dimana yang mendominasi adalah unsur intimacy saja. Misalnya, bisa ditemui hubungan pertemanan yang tidak menimbulkan gairah, bahkan ketika passion itu muncul. Seringkali salah satu pihak akan merasa kehilangan karena yang lain tidak merasakan salah satu komponennya.

3. Cinta gila (Infatuation)

Cinta gila dimiliki oleh orang yang memiliki gairah kuat namun dengan keintiman dan komitmen yang kurang. Keadaan ini dialami oleh mereka yang hanya tertarik secara fisik dan seksual. Bisa jadi, mereka yang bertemu dan jatuh cinta pertama kali (love at the first sight) dengan hanya melihat secara visual adalah salah satu dari cinta gila ini.

4. Cinta kosong (Empty love)

Meski kesannya aneh, namun cinta kosong juga seringkali dialami mereka yang menikah hanya karena komitmen, tidak ada kedekatan dan hasrat. Kadang , hubungan ini dialami oleh seseorang hanya karena menginginkan status. Tidak sedikit pula mereka yang sudah menikah mengalami cinta kosong, apalagi bagi seseorang yang memilih menikah kontrak atau karena paksaan.

5. Cinta romantis (Romantic love)

Hubungan dalam cinta romantis hanya didasari oleh hasrat dan kedekatan tanpa adanya komitmen. Misalnya adalah cinta lokasi antara dua orang yang bisa berpisah kapan saja dikarenakan sudah tidak lagi pada lokasi atau lingkungan yang sama.

6. Cinta persahabatan (Companionate love)

Cinta persahabatan adalah hubungan antara dua orang yang saling memiliki kedekatan dan komitmen, namun tidak pada hasrat. Hubungan yang dijalani murni persahabatan, keduanya bisa menjaga dan menjalin hubungan pertemanan sampai waktu yang lama.

7. Cinta bodoh (Fatuous Love)

Cinta bodoh adalah mereka yang menjalani hubungan hanya didasari pada hasrat dan komitmen saja, tanpa adanya kedekatan. Tipe cinta jenis ini dibilang bodoh karena pengambilan keputusan biasanya dilakukan dengan cara mendadak. Pasangan yang menikah buru-buru dan hanya mempertimbangkan hasrat saja masuk dari kategori cinta jenis ini.

8. Cinta sempurna (Consummate Love)

Puncak dari tipe cinta menurut Stenberg adalah cinta yang sempurna. Kategori ini memiliki ketiga komponen cinta secara utuh. Ini merupakan sebuah hubungan yang diidamkan setiap orang karena adanya keseimbangan antara intimacy, passion, dan commitment. Hubungan semacam ini sulit dan butuh kecerdasan kedua pasangan dalam menjalankannya.

Dari ke delapan cinta di atas, cintamu dengan pasangan kira-kira lebih menunjukkan poin berapa, guys?

TINGGALKAN KOMENTAR