5 Tips Simple Jika Ingin Lulus Seleksi CPNS

0

InfoSumutNews.com– Untuk memajukan negara kita yang tercinta, orang yang rajin dan cerdas dibutuhkan untuk bekerja di pemerintahan. Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari berbagai kementrian sudah dibuka. Banyak tenaga kerja yang dibutuhkan, namun pendaftar lebih banyak dari kuota yang dibutuhkan, sehingga persaingan semakin ketat untuk menjadi salah satu dari yang terpilih.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan jika ingin lulus seleksi CPNS versi Wempy Dyocta Koto:

1. Pastikan Persyaratan Anda Lengkap

Persiapan yang matang sangat diperlukan. Langkah pertama yakni pastikan semua persyaratan yang diminta lengkap, karena hal pertama yang dilihat kelengkapan administrasi. Jadi Anda harus teliti dalam melengkapi persyaratan administrasi.

2. Pelajari Kisi-kisi Tes CPNS

Biasanya sebelum seleksi dimulai, setiap kementerian membagi kisi-kisi soal tes CPNS, bahkan ada yang menjual e-book soal-soal tes. Cobalah untuk mempelajari kisi-kisi yang diberikan, cari informasi sebanyak-banyaknya. Pastikan membaca kisi-kisi tes dengan baik.

3. Berlatih Mengerjakan Soal

Mempelajari kisi-kisi saja tidak cukup, Anda perlu berlatih mengerjakan soal tes CPNS. Banyak berlatih akan membuat Anda semakin terbiasa dalam menghadapi jenis soal yang akan diujikan saat tes seleksi. Mulailah berlatih dan lihatlah berapa banyak waktu yang terpakai saat Anda mengerjakan soal.

4. Lakukan Simulasi CAT

Sambil menunggu jadwal tes seleksi CPNS, Anda dapat melakukan simulasi Computer Assisted Test (CAT) di portal Badan Kepegawaian Negara (BKN). Ini salah satu usaha dan persiapan yang dapat Anda lakukan jika ingin lolos.

5. Baca Buku-Buku Latihan

Perbanyak baca buku-buku tes, contohnya mempelajari materi soal wawasan kebangsaan. Banyak sekali para pelamar CPNS gagal karena sedikitnya soal yang dijawab dengan benar mengenai sejarah kebangsaan Republik Indonesia.

Baca Juga Tips lain nya:

Bisnis itu rumit, Kamu ga akan sanggup, biar aku saja !

TINGGALKAN KOMENTAR