Bupati Palas Terima Raskin Award 2017

0
Gubernur Sumut diwakili Sekda Pemprovsu, Hj Sabrina memberikan Raskin Award tahun 2017 kepada Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap (TSO) di Gedung Bina Graha Kantor Gubernur Sumut

Infosumutnews, PALAS – Kabupaten Padang Lawas masuk nominasi menerima Raskin Award tahun 2017, karena dinilai berhasil mendistribusikan beras miskin tepat sasaran kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

BACA JUGA : Pastikan Kematian Tahanan, Polisi Tunggu ini…

Raskin Award itu diterima Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap (TS0) bersama dengan Bupati dari 13 kabupaten lainnya yang diserahkan Sekdaprovsu Hj Sabrina di Fedung Bina Graha Kantor Gubernur Sumut kemarin.

Award ini diberikan sebagai bentuk penghargaan karena keberhasilan pemerintah mendistribusikan beras sejahtera (Rastra) kepada keluarga penerima manfaat (KPM) berjalan baik.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi melalui Sekda Pemprovsu HJ Sabrina mengatakan, penghargaan raskin award 2017 ini berdasarkan Keputusan Gubernur Sumut No 188.44/1209/KPTS/2018 tanggal 27 Agustus 2018 tentang penganugrahan beras bagi masyarakat berpendapatan rendah/beras sejahtera tahun 2017.

“Bupati dan Walikota yang menerima anugerah raskin award ini dinilai berhasil melaksanakan penyaluran raskin di daerah berjalan baik dan sehingga masuk dalam nominasi,” kata Sekdaprovsu.

Selain itu, lanjut Sabrina, program Rastra telah berubah nama Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) maka penyerahan Raskin Award tahun 2017 ini adalah untuk terakhir kalinya.

Ia menambahkan, dengan program BPNT, masyarakat tidak lagi dikenakan biaya penebusan harga rastra sebesar Rp1.600/kg. Tetapi diberikan secara cuma-cuma.

Pemprov Sumut juga mengapresiasi daerah di Kepulauan Nias yang keseluruhannya menerima penghargaan. Hal ini mengingat kondisi luas dan medan yang ditempuh untuk pendistribusian rastra cukup berat.

Untuk tahun berikutnya, kata dia, indikator yang tidak lagi menempatkan ketaatan pembayaran sebagai penilaian. Karena barang subsidi ini tidak lagi berbayar, maka faktornya ada pada ketepatan waktu dan tepat sasaran kepada keluarga penerima manfaat.

“Jadi kita berharap nanti tidak ada lagi kendala, karena gratis. Sehingga sama-sama kita bisa melihat masyarakat kita menuju sejahtera, setahap demi setahap,” ujar Hj Sabrina

Kata Sabrina, pelaksanaan penyaluran dan pendistribusian raskin atau rastra (beras sejahtera) kepada KPM di kabupaten/kota se-Sumatera Utara pada 2017, bersama 113.895.900 kg dengan jumlah penerima sebanyak 632.755.

Sementara, Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap (TSO) mengatakan, Raskin Award ini sebagai motivasi untuk memacu daerah agar lebih siap mendistribusikan rastra kepada KPM terwujudnya masyarakat sejahtera.

Bersamaan dengan Kabupaten Palas yang menerima anugrah Raskin Award, Walikota Gunungsitoli, Binjai, Sibolga, Padangsidimpuan, Tebingtinggi.

Sementara Bupati Labuhan Batu Sekatan, Karo, Langkat, Padang Lawas, Nias, Nias Selatan, Nias Utara dan Nias Barat. (Ibnu Nasution)

TINGGALKAN KOMENTAR