Begini Pesan Psikolog agar Anak tidak Menjadi Korban Penculikan

0
Psikolog Sumatera Utara, DR Sunarto, S,Psi, M.Psi

Infosumutnews.com, MEDAN – Hingga saat ini isu penculikan sangat santer di kalangan masyarakat. Meski belum ada laporan, namun aparat kepolisian dari Polrestabes Medan meminta kepada masyarakat untuk segera melapor jika ada orang-orang yang mencurigakan.

BACA JUGA : Mengenal 5 Fase Galau dari Kacamata Psikologi

“Masyarakat jangan resah dengan informasi tersebut. Kita akan terus memberi perlindungan kepada masyarakat. Jika bertemu dengan orang yang mencurigakan, jangan langsung main hakim sendiri. Segera laporkan hal ini pada petugas atau pihak berwenang,” ungkap Kapolrestabes Medan, Senin (29/10/2018).

Sementara itu, Psikolog Sumatera Utara, Sunarto, S,Psi, M.Psi meminta agar orangtua hendaknya menjadi teman yang baik untuk anaknya dalam memantau sisi kehidupannya sehari-hari si anak. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir tindak kejahatan yang terjadi sekaligus orangtua bisa melakukan tindakan antisipasi.

“Orangtua juga perlu mengenalkan anak-anak tentang ada hal-hal yang berhubungan dengan orang belum dikenal misalnya. Jangan memberikan peluang bisa masuk dalam kehidupan orang yang baru,” jelas pria yang akrab disapa Toto ini, Jumat (9/11/2018).

Kemudian, lanjut suami dari Marlinda, S.Psi, M.Psi ini, orangtua juga harus memberikan pemahaman kepada anak, kalau ada orang yang mencurigakan harus mengajarkan bagaimana cara menyelematkan diri, sehingga anak-anak bisa terhindar dari aksi-aksi yang tidak menguntungkan bagi anak.

“Pihak sekolah juga diminta untuk segera menindaklanjuti agar menjalin komunikasi yang baik dengan orangtua, supaya dalam penjemputan anak sekolah, tidak ada satu pun anak yang tidak dijemput berada di luar sekolah yang menyebabkan pihak lain memiliki kesempatan,” tuturnya. [Fathur]

TINGGALKAN KOMENTAR