Generasi Millenial harus Kuasai 7 Softskill Ini Sebagai Bekal

0

Infosumutnews.com – Hard skill adalah kemampuan akademismu dalam memahami teori yang kamu pelajari di bangku sekolah. Namun di era digital yang sudah serba praktis dan serba cepat ini, hard skill bukan sepenuhnya syarat yang harus kamu punya untuk menjadi pribadi yang sukses kelak. Ada berbagai soft skill yang juga perlu sekali kamu kuasai selagi duduk di bangku kuliah.

BACA JUGA : 5 Alasan Membanggakan Diri itu Perlu

Seimbangkanlah keduanya, karena hal-hal tersebut dapat menjadi bekal untuk mempermudah perjalanan karirmu kelak. Demi menjadi pribadi yang berguna bagi bangsa, negara, orang tua, dan juga keluarga, IPK bukan lagi segalanya. Apalagi kalau kamu termasuk generasi millenial yang sudah sangat melek digital, maka 7 hal ini wajib banget dimiliki demi masa depan yang lebih cerah nantinya sebagaimana dilansir hipwee.com.

1. Karena masalah bisa datang tanpa diduga dan perubahan bisa terjadi kapan saja, maka kemampuan problem solving wajib kamu miliki

Dunia yang akan kamu hadapi setelah lulus dari bangku kuliah adalah dunia yang sesungguhnya, kamu semakin realistis dalam memandang hidup apalagi saat kamu sudah mulai mencicipi kerasnya dunia kerja yang menuntut profesionalisme yang kamu miliki. Ini tantanganmu untuk selalu siap menerima perubahan apapun yang akan terjadi dalam dunia kerja dan selalu menyiapkan solusi dari masalah-masalah yang ada.

Bukan hanya plan B yang kamu siapkan, tapi bahkan sampai Z sekalipun kamu harus siap. Untuk itu kemampuan problem solving yang baik harus kamu kuasai perlahan saat masih duduk di bangku kuliah. Anggap saja kuis dadakan di kelas atau tantangan lain dalam berorganisasi adalah wadah untuk melatih kemampuan problem solving kamu.

2. Kemampuan bermedia sosial juga bisa jadi poin tambahan untuk generasi yang melek digital seperti kamu

Nggak heran kalau generasi millenial nggak bisa lepas dari yang namanya gawai dan selalu up to date mengenai informasi terbaru dalam hal apapun. Mulai dari gosip selebriti terhangat sampai teknologi keluaran teranyar. Jangan anggap remeh kemampuan bermedia sosial yang keliatannya mudah, karena pasti setiap hari kamu sudah nggak lagi bisa luput dari hal tersebut.

Media sosial rasanya sudah menjadi dunia kedua kamu dalam menjalani hidup. Tapi kemampuan bermedia sosial itu nggak hanya scrolling down timeline medsos saja, tapi kamu juga harus paham seperti apa konten-konten media sosial yang menarik dan mempengaruhi khalayak yang melihat akun media sosialmu. Nah siapa sangka, ternyata kebiasaan setiap harimu itu bisa jadi soft skill yang penting kalau bisa kamu lakukan dengan baik.

3. Terkadang kamu nggak bisa menunggu orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan, karena itu dirimu harus mampu bekerja secara mandiri

Akan ada masa, kamu tak lagi bisa mengandalkan siapapun untuk bisa menyelesaikan pekerjaanmu dan hanya kamulah yang bisa menyelamatkan dirimu sendiri dari berbagai pekerjaan yang sedang membebani. Orang lain pun punya tanggung jawabnya sendiri, jangan terlalu mengharapkan mereka bisa meringankan beban pekerjaanmu selagi kamu mampu menyelesaikannya sebaik dan secepat yang kamu bisa.

Saat kamu mampu bekerja secara mandiri, nggak perlu lagi khawatir kalau pekerjaanmu melewati deadline. Toh kamu pun bisa bertanggung jawab sendiri dan bekerja mandiri nggak membuatmu merasa keberatan.

4. Generasi millenial terkenal dengan kerja cepat dan tepat, skill manajemen waktu juga patut dipunya olehmu

Manajemen waktu adalah unsur penting dalam kelancaran pekerjaan karena kalau hal ini saja kamu nggak bisa memanajemen dengan baik, wajar kalau akhirnya kamu jadi keteteran dikejar deadline. Telat di awal maka akan telat juga semua-semuanya. Jangan asal kerja cepat saja, tapi kualitas pekerjaanmu juga harus tepat karena dunia kerja akan selalu punya jadwal yang dinamis dan bisa saja kamu dikejutkan dengan proyek atau tugas mendadak dari kantor.

Manajemen waktu yang baik juga bisa mengurangi kuantitas tuntutan multitaskingmu, bisa multitasking memang bagus dan bahkan diharuskan dalam beberapa keadaan. Namun hal itu bukan hal yang baik untuk dilakukan terlalu sering, multitasking malah akan membuat fokusmu jadi terbagi dan membuat pekerjaan jadi nggak maksimal. Oleh sebab itu, kalau kamu sudah mahir memanajemen waktu, urusan apapun bisa menjadi teratur untuk dijalani dengan santai dan profesional tanpa harus tergesa-gesa.

5. Yakin bahwa kamu bakal jadi millenial idaman, asalkan mampu mempresentasikan pekerjaan dengan baik

Mampu mempresentasikan pekerjaan dan public speaking itu nggak perlu jadi tampan dan cantik dulu, itu semua hanya butuh kepercayadirian dan kemampuan komunikasi yang baik. Kepercayadirian akan semakin terlatih dengan baik saat kamu berinteraksi dengan berbagai macam orang dan berani memulai tampil di depan publik, karena kalau nggak dimulai dari rasa percaya diri, bagaimana bisa berani maju ke depan?

Dari situ kamu nggak akan lagi canggung saat harus berhadapan di depan publik dan jadi pusat perhatian. Bukan hanya asal cuap-cuap ngomong, tapi apa yang kamu bicarakan di depan juga ada isinya dan mampu membuat orang lain paham dengan apa yang dirimu bicarakan. Kamu hanya butuh sering berlatih dan bertemu banyak orang-orang baru.

6. Mampu bekerja secara mandiri memang penting, tapi akan lebih baik lagi kalau kamu bisa diajak kerja sama dalam tim

Nggak selamanya kamu akan menyelesaikan pekerjaanmu sendiri, bagaimanapun kamu makhluk sosial yang akan berinteraksi dengan orang lain atau bahkan berkolaborasi dalam tim demi mencapai tujuan bersama. Di mana kamu harus dituntut fleksible, mampu beradaptasi dilingkungan baru dan punya jiwa team work yang baik juga, karena kamu pasti akan menghadapi banyak perbedaan pendapat dan berdamai dengan hal-hal tersebut agar tim kamu tetap kokoh. Kerja sama tim bukan hanya untuk menyelesaikan masalah atau pekerjaan dengan cepat, tapi untuk membuat korporasi semakin kuat.

7. Paling penting untuk dimiliki generasi ini adalah sisi kreatif dan inovatifnya, karena itulah yang mampu mengubah dunia lewat hal kecil

Generasi millenial adalah generasi yang kreatif dan inovatif, orang-orang yang lahir pada generasi ini menginginkan hal-hal yang praktis namun keinovatifan mereka juga nggak diragukan lagi. Toh banyak sekali teknologi terbaru yang mewujudkan kepraktisan yang mereka inginkan seperti munculnya startup-startup jual beli online dan juga transportasi online yang membuat hidup terasa lebih mudah.

Nggak hanya itu, sisi kreatif yang kamu punya juga bisa diwujudkan dalam bentuk konten kreatif yang bisa mempengaruhi orang lain untuk menjadi lebih baik atau bahkan menghibur mereka. Skill yang harus kamu punya untuk menunjang kreatifitasmu di era digital ini adalah desain, edit foto maupun video, menulis, serta apapun yang bersangkutan dengan informasi dan teknologi.

TINGGALKAN KOMENTAR